Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar.

Doa

        Buat teman-teman,sahabat dan keluarga. Yuk kita berdo'a sebelum melakukan aktifitas apapun. islam adalah agama yang sempurna. di lihat dari aktifitas keseharian, islam sangat menganjurkan untuk berdo'a, hampir semua aktifitas didalam ajaran islam memiliki do'a. kakuatan do'a sangat besar manfaatnya bagi manusia.

Doa sebelum dan ssudah belajar
        


            Do'a adalah suatu aktifitas yang sangat penting yang membuktikan bahwa kita sebagai manusia tidak dapat melakukan apapun selain Atas kehendak Allah SWT. Do'a adalah sebuah bukti penghambaan manusia yang selalu berharap dan membutuhkan pertolongan Allah.

             Dibawah ini adalah doa sebelum belajar. dimana kita berarap pada Allah agar dapat diberi rahmat pada saat belajar.


 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

"Dengan menyebut Nama Allah Yang maha Pengasih Lagi Maha Penyayang"

Do'a ketika ingin belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyawwarasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa."

Artinya :
Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik

Do'a Sesudah belajar :

اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Allahumma innii istaudi'uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajati ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal 'aalamiin" 

Artinya : 
"Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam"


رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلله عَلَى كُلِّ حَالٍ
“Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaladzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kullihal”

Artinya :
“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan”
Diatas adalah do'a sebelum dan sesudah belajar yang bisa anda terapkan dalam kehidupan anda. Semoga do’a diatas bisa bermanfaat buat anda. Dan jangan lupa bagikan do’a tersebut pada sahabat atau saudara anda yang saat ini sedang membutuhkan.

Share this

Related Posts

First